Memulai Jiwa Wirausaha


    Yaakk, kali ini dikala tugas yang banyak + kerjaan + skripsi yang luar biasa, gw mau sedikit menuangkan ide yang ada di kepala gw tentang memulai jiwa usaha menurut pendapat gw pribadi hehe. Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan (hasil googling).
   Alasan gw mau memulai membangun jiwa enterpreuner itu, soalnya gw mikir usaha(berdagang) itu merupakan petunjuk langsung dari Rasulullah SAW, yah walaupun ilmu gw tentang agama ga dalem2 amat, tapi gw pernah baca Rasulullah itu dulunya berdagang. Abis itu gw coba deh cari-cari artikel tentang bisnis gitu, pertama itu gw liat buku wirausaha mandiri di gramedia, gw langsung kaget WAW ! orang2 disitu hebat-hebat banget, kebanyakan gw liat orang-orang tersebut adalah orang-orang yang berani ambil resiko, ada yang bangkrut berapa kali ngutang sana-sini itu yang bikin gw salut. Mereka itu gw yakin susah payah membangun bisnis dari 0, gw pernah liat kisah si mas mono yang awalnya cuma jualan gorengan. Intinya SEMUA ITU GA ADA YANG INSTAN BROO ! jangan mau kemakan omongan orang-orang yang jual ini pasti untung bisa punya mobil blablabla.
     Setelah baca sana sini, gw ketemu 1 orang keren , yaitu ipho santosa ini orang mantep banget sama teori-teorinya yang memakai otak kanan yang cenderung spontan, meletup, penuh dengan intuisi , kreatif dan  sayangnya buku 7 keajaiban rezeki sampe sekarang belum kebeli :(( , yang gw seneng dia itu mengkaitkan usaha juga dengan agama jadi ibaratnya kita usaha bersama Tuhan dengan cara sedekah .
    Dari yang gw baca kebanyakan tentang bisnis itu intinya 1, ACTION , ya action ini yang sampe sekarang belum pernah gw lakuin, kebanyakan cuma teori teori teori teori, soalnya yang gw baca dari teori2 ilmu kayak gitu tuh dapetnya ketika lu melakukan action tersebut, bentuk usaha juga macam-macam ada makanan, mungkin jasa pembuatan software, baju, dan sebagainya. Entah kenapa bisnis makanan ini bikin gw tertarik setelah ngobrol2 sama temen sekelas gw si ari (mudah2an bisa jadi ACTION). Oia FYI, setau gw itu sekarang disekolah-sekolah SD udah ada yang ngajarin gimana anak didiknya jadi orang yang produktif, bukan konsumtif hal inilah yang gw ga alamin waktu SD T_T.
  Sebetulnya gw ini orang yang pertama kali malu untuk ngejual sesuatu, pernah gw suruh jual kue sama keluarga gw, gw malah bilang malu suruh jual binatang piaraan gw maless, bodohnyaa. Gw liat sekarang udah banyak banget temen2 yang udah mulai jualan mulai dari jualan binatang, baju, aksesoris, dan lain-lain (pada hebat2 yah) semoga makin mantep buat yang udah mulai membukan jalan menjadi enterpreuner makin banyak relasinya, jangan lupa sedekahin sebagian hasilnya hehehe. Maju terus Pantang Mundur teman.

Quotes :
"Berhentilah berpikir dan mulailah melakukan. Saat masih muda adalah waktu paling tepat untuk memulai usaha, karena belum ada tanggung jawab berat seperti saat seseorang mencapai usia dewasa. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah Anda gagal. Tetapi Anda bisa belajar dari kegagalan dan mengubahnya menjadi keberhasilan di upaya berikutnya
."

"Mungkin saja kegagalan itu datang untuk memuliakan hati kita, membersihkan pikiran kita, memperluas wawasan kita, membersihkan pikiran kita dari keangkuhan dan kepicikan, serta untuk lebih mendekatkan diri kita pada Tuhan"

0 Response to "Memulai Jiwa Wirausaha"

Posting Komentar