Pengalaman Interview Pertama


Pada Hari Rabu sekitar tanggal 10-15 (saya lupa tanggal berapa J) saya ditelfon oleh teman saya tentang informasi lowongan pekerjaan di kantor dia, tepatnya trakindo.  Dia bertanya kepada saya, bisa ms.word dan mysql kan lo ? saya jawab, insyallah bisa ada apa emang ? yaudah lo kirim CV ke email gw, ada lowongan nih. Mendengar hal itu saya langsung membuat CV terus kirim ke dia, sambil berharap CV saya diterima.
Kemudian sekitar 1 minggu setelah saya kirim CV, saya ditelpon oleh HRD bahwa CV saya diterima, dan dia telah mengirim email untuk form application dan tanggal untuk interview. Saking senangnya saya lupa, pada posisi apa saya akan ditempatkan di perusahaan tersebut, kemudian saya menelpon lagi teman saya ternyata saya di masukan ke Business Development Staff. Sampai dirumah saya langsung membuat akun gmail, kemudian mengunduh form tersebut, langsung di print.
Pada hari Rabu lagi, tanggal 23 Maret bermodal nekat saya datang ke pt.trakindo untuk interview, awal masuk ke pt.trakindo saya dibuat kaget karena kantornya begitu besar serta fasilitas yang ada sangat bagus. Saya langsung naik ke lantai 6 (CSUL Finance) bertemu dengan petugas disitu, saya bertanya ingin bertemu dengan bagian HRD untuk interview.
Singkat saja, interview pun dimulai. Awalnya saya bingung kok interview ini seperti rapat, tidak dipanggil keruang tunggu kemudian dipanggil satu persatu melainkan dipanggil semua dan dimasukan keruangan rapat. Selanjutnya saya langsung diberikan soal tes IQ dan Psikotest, keduanya saya kerjakan secara lihai tentunya dengan bismillah J. Setelah 2 sesi itu selesai, datang bapak2 dengan perawakan kurus ternyata dia adalah manager  Business Development!!
Pada saat itu juga langsung dimulai sesi perkenalan diri, yang memakai bahasa inggris (saya langsung panic karena tidak prepare sebelumnya), saya mendapat giliran ke 5 dan perkenalan yang saya lakukan sangatlah gugup, karena itu baru pertama kali saya interview dan saingan saya yang ternyata umurnya diatas 25 tahun serta mempunyai pengalaman kerja yang luar biasa. Pada saat masuk ke sesi Tanya jawab, pak hendra mengatakan seperti ini “oke, saya sekarang akan berbahasa Indonesia. Mungkin setelah sampai sini ada diantara rekan-rekan yang merasa tidak sesuai dengan pekerjaan, seperti waktunya atau tipe pekerjaannya, silahkan keluar kami tidak melarang J”. Entah saya kesambet setan apa, saya langsung mengacungkan tangan dan keluar dari ruangan tersebut ibaratnya saya menyerah sebelum berperang, dan langsung pulang menuju kosan teman saya (fajrin).
Ketika sampai dikosan, saya baru sadar apa yang saya lakukan adalah salah ketika teman saya bilang “kenapa lu pulang sih ki ? kenapa gak lu coba dulu ??? parah kesempatan itu”. Mendengar kata-kata tersebut saya langsung berfikir, yaallah betapa cemennya mental saya kenapa saya mesti kabur ? kenapa ga dihadepin dlu ? Alasan saya kabur yaitu pertama saya belum kelar skripsi, kedua saya tidak mempelajari struktur perusahaan terlebih dahulu kemudian saya tidak mencari tahu seperti apakah itu Business Development Staff apa yang harus dikerjakan. Nasi sudah menjadi bubur, semua kebodohan yang saya lakukan itu saya jadikan pelajaran berharga bagi diri saya sendiri, mungkin ini memang jalan yang Allah ciptakan saya harus mundur.

0 Response to "Pengalaman Interview Pertama"

Posting Komentar