Membuat Website

Untuk membuat sebuah website, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu, apa saja sih pengertian website ? dan apa saja komponen-komponen website ? disini saya coba untuk mendeskripsikan sedikit tentang hal-hal tersebut.



Web (website) merupakan sebutan untuk alamat dari sebuah domain di internet sedangkan komputer untuk menyimpan data dari sebuah web disebut hosting (server). Web dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

- Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.

- Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

- Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

Arsitektur sebuah website ada yang berupa HTTP, HTML, URL, XML, XSLT, JavaScript, dan Ajak). Untuk keterangan lebih lengkap tentang semua arsitektur tsb, bisa anda googling sendiri :D.
Disini saya menjelaskan 2 macam saja, yaitu HTML dan javascript :

- Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang umum digunakan untuk membuat halaman web. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa mark-up atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai.

Pada dasarnya elemen HTML ada 2 kategori:

1. Elemen berfungsi untuk memberikan informasi atau mendeklarasikan dokumen tersebut.
2. Elemen berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan pada browser.

Sebagian besar kode HTML harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu di awali dengan dan di akhiri dengan .


- JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. Jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan khusus untuk di browser atau halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup. Kalau dilihat dari suku katanya terdiri dari dua suku kata, yaitu Java dan Script. Java adalah Bahasa pemrograman berorientasi objek, sedangkan Script adalah serangkaian instruksi program. Kelebihannya adalah javascript bekerja pada sisi browser, contohnya button untuk validasi pada sebuah web, disitu jika kita klik submit, sebelum data masuk ke server di cek dulu menggunakan javascript yang ada di halaman web, jadi jika salah langsung tidak akan masuk ke server (lebih cepat).


Untuk membangun sebuah web juga dibutuhkan kreasi dan seni yang tinggi sehingga website kita terlihat lebih menarik .

sumber :
http://www.review-kita.co.cc/2009/01/pengertian-html.html
http://gugling.com/pengertian-javascript-dan-sejarahnya.html

0 Response to "Membuat Website"

Posting Komentar